Outlook Flash Purchasing Manager Index Eropa

0
1489

Berita Forex Hari Ini – Markit Flash Purchasing Manager Index Eropa untuk Perancis dan Jerman dan Zona Euro dipublikasikan hari ini. Para konsensus mengharapkan adanya perbaikan secara menyeluruh. Bahkan Perancis yang berada dibelakang Jerman dan negara-negara yang mengalami krisis akhirnya mendapatkan data indeks kompositnya kembali ke garis netral 50. Sebagaimana biasanya data Jerman adalah yang terkuat.

Komisi Eropa kemarin mengumumkan bahwa indikator keyakinan konsumen untuk bulan Februari telah membaik ke minus 6.7 dari minus 8.5 di bulan Januari, jauh lebih baik dari yang diperkirakan konsensus di 7.6. Selama beberapa tahun belakangan keyakinan konsumen di Eropa telah membaik cukup lumayan. Biasanya keyakinan konsumen yang kuat akan diikuti dengan Purchasing Manager Index yang kuat juga.

Hasilnya data yang keluar adalah bercampur. Menurut Markti flash PMI, Jerman terus mengalami pertumbuhan. Namun, manufaktur tertahan dalam pertumbuhan yang lambat di 50.9, tidak berubah dari bulan Januari, sementara sektor jasa mengalami kemajuan lebih dari yang diperkirakan dengan kenaikan menjadi 55.5, merefleksikan pertumbuhan yang kuat.

EUR/USD tetap di kerendahannya disekitar 1.1330. Euro/dolar ditradingkan paling bawah karena kekuatiran mengenai Yunani, di sekitar 1.1327.

Markit diperkirakan akan melaporkan kemajuan di PMI manufaktur ke 51.8 di bulan Februari, dari 50.9 di angka terakhir bulan Januari. Untuk sektor jasa, diperkirakan akan terjadi kenaikan dari 54 ke 54.3.

PMI Perancis juga bercampur, dengan kejatuhan di sektor manufaktur tetapi terjadi lompatan di sektor jasa.

Sementara di zona eur, Markit Flash PMI komposit naik ke 53.5, dari sebelumnya dibulan lalu 52.6, terbaik sejak bulan Juli. Ini bahkan mengalahkan perkiraan polling Reuter dan menunjukkan bulan ke 20 diatas level 50 yang memisahkan pertumbuhan dengan kontraksi.