Impulse dan Corrective Wave

0
227
Apa Itu Pola Impulse Wave?

Pola Impulse Wave adalah istilah perdagangan teknis yang menggambarkan pergerakan kuat dalam harga aset keuangan yang bertepatan dengan arah utama tren yang mendasarinya. Ini sering digunakan dalam diskusi tentang teori Elliott Wave, sebuah metode untuk menganalisis dan memprediksi pergerakan harga pasar keuangan. Impulse Wave dapat merujuk pada gerakan ke atas dalam tren naik atau gerakan ke bawah dalam tren turun.

Memahami Impulse Wave

Hal yang menarik tentang pola Impulse Wave dalam kaitannya dengan teori Elliot Wave adalah bahwa pola Wave tersebut tidak terbatas pada periode waktu tertentu. Hal ini memungkinkan beberapa Wave berlangsung selama beberapa jam, beberapa tahun atau bahkan beberapa dekade. Terlepas dari timeframe yang digunakan, Impulse Wave selalu berjalan searah dengan tren pada satu derajat yang lebih besar. Impulse Wave ini diperlihatkan dalam ilustrasi di bawah ini sebagai Wave 1, Wave 3 dan Wave 5, sementara secara kolektif Wave 1, 2, 3, 4 dan 5 membentuk impuls Wave lima pada satu derajat yang lebih besar.

Impulse Wave terdiri dari lima sub-Wave yang membuat pergerakan bersih searah dengan tren derajat terbesar berikutnya. Pola ini adalah Wave motif yang paling umum dan paling mudah ditemukan di pasar. Seperti semua Wave motif, Wave ini terdiri dari lima sub-Wave; tiga di antaranya juga Wave motif, dan dua Wave korektif. Ini diberi label sebagai struktur 5-3-5-3-5, seperti yang ditunjukkan di atas. Namun, ia memiliki tiga aturan yang menentukan pembentukannya. Aturan ini tidak bisa dilanggar. Jika salah satu dari aturan ini dilanggar, maka struktur tersebut bukanlah Impulse Wave dan perlu memberi label ulang Impulse Wave yang dicurigai.

 

Ketiga aturan tersebut adalah:

  • Wave 2 tidak dapat retrace/terkoreksi lebih dari 100 persen terhadap Wave 1.
  • Wave 3 tidak pernah bisa menjadi Wave terpendek diantara formasi Wave 1,3,5.
  • Wave 4 panjangnya tidak bisa melebihi Wave 1

 

Poin-poin pokok:

  1. Impulse Wave adalah pola konfirmasi tren yang diidentifikasi oleh teori Elliott Wave.
  2. Impulse Wave terdiri dari lima sub-Wave yang membuat pergerakan bersih searah dengan tren derajat terbesar berikutnya.
  3. Teori Elliott Wave adalah metode analisis teknis yang mencari pola harga jangka panjang berulang terkait dengan perubahan terus-menerus dalam sentimen dan psikologi investor.

Teori Elliot Wave berusaha untuk memastikan arah harga pasar melalui studi Impulse Wave dan pola Wave korektif. Impulse Wave terdiri dari lima Wave dengan derajat yang lebih kecil yang bergerak ke arah yang sama dengan tren yang lebih besar, sedangkan Wave korektif terdiri dari tiga Wave dengan derajat yang lebih kecil yang bergerak ke arah yang berlawanan. Untuk pendukung teori, bull market terdiri dari impuls lima Wave dan pasar bearish terdiri dari retracement korektif, terlepas dari ukurannya.

Jumlah Wave dalam impuls lima Wave, jumlah Wave dalam koreksi tiga Wave, dan jumlah Wave dalam kombinasinya sesuai dengan bilangan Fibonacci, urutan numerik yang terkait dengan pertumbuhan dan kerusakan dalam bentuk kehidupan. Elliott memperhatikan bahwa penarikan kembali Wave sering kali sesuai dengan rasio Fibonacci, seperti 38,2% dan 61,8%, yang didasarkan pada rasio emas 1,618. Pola Wave juga merupakan bagian dari osilator Wave Elliott, alat yang terinspirasi oleh teori Wave Elliott yang menggambarkan pola harga sebagai positif atau negatif di atas atau di bawah sumbu horizontal tetap.

 

Apa itu Wave Korektif (corrective wave)?

Wave korektif adalah sekumpulan pergerakan harga dari aset keuangan yang terkait dengan teori analisis teknis Elliott Wave. Teori ini menyatakan bahwa pergerakan harga itu dipecah menjadi dua jenis Wave: Impulse Wave dan Wave korektif. Kedua jenis Wave ini dapat digunakan untuk membedakan tren harga sekuritas. Dalam pola Wave, Impulse Wave bergerak dengan tren satu derajat lebih besar sementara Wave korektif bergerak ke arah yang berlawanan.

Wave korektif biasanya memiliki tiga pergerakan harga yang berbeda – dua arah koreksi utama dan satu pergerakan yang melawannya.

Wave ini biasanya memiliki struktur seperti ini:

Perhatikan bahwa dalam gambar ini, Wave A dan C bergerak ke arah tren pada satu derajat yang lebih besar dan, oleh karena itu, bersifat impulsif dan terdiri dari lima Wave. Wave B, sebaliknya, berlawanan dengan tren dan karena itu korektif dan terdiri dari tiga Wave.

Formasi Impulse Wave, diikuti oleh Wave korektif, membentuk siklus Elliott Wave yang terdiri dari tren utama dan tren berlawanan.

Seperti yang dapat Anda lihat dari pola yang digambarkan di atas, lima Wave tidak selalu bergerak dengan jaring ke atas, dan tiga Wave tidak selalu bergerak dengan jaring ke bawah. Ketika tren yang lebih besar turun, maka demikian pula dengan urutan kelima Wave-nya.