Berita Forex Hari Ini Senin, 28 Nopember 2016:
Jam 16:00 WIB
: data M3 Money Supply kawasan Euro bulan Oktober 2016 (Berdampak medium pada EUR)
M3 Money Supply mengukur persentase perubahan jumlah uang total yang beredar ditambah dengan jumlah deposito yang tersimpan di bank. M3 yang makin besar akan mempengaruhi tingkat inflasi.

Bulan September lalu M3 Money Supply kawasan Euro naik 5.0% ke € 11,237,392 juta, lebih rendah dari perkiraan dan bulan Agustus yang naik 5.1%. Jumlah uang beredar bulan September tersebut adalah yang tertinggi sejak tahun 1980. Untuk bulan Oktober 2016 diperkirakan M3 money supply kawasan Euro akan kembali naik 5.0%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Jam 21:00 WIB: testimoni presiden ECB Mario Draghi (Berdampak tinggi pada EUR)
Mario Draghi dijadwalkan memberikan testimoni didepan European Parliament’s Economic Committee di Brussels mengenai perspektif ekonomi dan keuangan ECB, dan konsekuensi setelah terjadinya Brexit. Isi testimoni Draghi bisa dibaca disini.

Selasa, 29 Nopember 2016:
Jam 06:30 WIB
: data Household Spending di Jepang bulan Oktober 2016 (Berdampak medium pada JPY)
Indikator yang dirilis oleh biro statistik Jepang ini mengukur persentase perubahan pengeluaran konsumen rumah tangga di Jepang selama periode sebulan. Indikator ini merupakan data awal untuk inflasi karena pengeluaran konsumen yang tinggi akan mempengaruhi tingkat inflasi dan dianggap sebagai indikator penting bagi Jepang yang sedang dilanda deflasi.

Bulan September lalu pengeluaran konsumen rumah tangga di Jepang berkurang 2.1% (atau -2.1%), lebih baik dari perkiraan yang akan berkurang 2.6% dan juga lebih baik dari bulan Agustus yang berkurang 4.6%. Untuk bulan Oktober 2016 diperkirakan pengeluaran konsumen rumah tangga akan kembali berkurang 1.0% (atau -1.0%). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan (atau persentase penurunan yang lebih rendah) akan cenderung mendukung penguatan JPY.

Jam 06:30 WIB: data tingkat pengangguran di Jepang bulan Oktober 2016 (Berdampak medium pada JPY)
Indikator ini mengukur persentasi jumlah tenaga kerja yang sedang tidak bekerja tetapi aktif mencari pekerjaan, dibanding dengan jumlah tenaga kerja total selama periode waktu sebulan. Data ini relatif kurang berdampak kecuali hasil rilisnya menyimpang jauh dari perkiraan pasar.

Bulan September lalu tingkat pengangguran di Jepang berada pada angka 3.0%, lebih rendah dari perkiraan 3.1% dan yang terendah sejak bulan Juli 1995. Untuk bulan Oktober 2016 diperkirakan tingkat pengangguran akan tetap 3.0%. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan JPY.

Jam 06:50 WIB: data Retail Sales Jepang bulan Oktober 2016 (y/y) (Berdampak medium pada JPY)
Angka penjualan di tingkat retailer adalah indikator awal bagi kepercayaan konsumen, permintaan dan pengeluaran konsumen yang menunjukkan aktivitas ekonomi secara keseluruhan dan pada akhirnya akan mempengaruhi pertumbuhan. Rilis data menunjukkan persentase perubahan penjualan retail dibandingkan dengan bulan sebelumnya (month over month atau m/m) dan yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya (year over year atau y/y). Yang berdampak biasanya data y/y.

Bulan September lalu penjualan retail total y/y turun 1.9% (atau -1.9%), lebih rendah dari perkiraan yang akan turun 1.7% tetapi lebih baik dari bulan Agustus yang turun 2.2%. Untuk bulan Oktober 2016 diperkirakan penjualan retail y/y akan kembali turun 1.5% (atau -1.5%). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan JPY menguat.