Berita Forex Hari Ini Kamis, 10 Nopember 2016:
Jam 03:00 WIB
: hasil meeting RBNZ: pengumuman suku bunga bulan Nopember 2016 dan statement kebijakan moneter RBNZ (Berdampak tinggi pada NZD)
Gubernur RBNZ menentukan suku bunga acuan atau yang lazim disebut Official Cash Rate (OCR) setelah mengadakan konsultasi dengan beberapa banker senior dan para penasehatnya. Suku bunga RBNZ dijadwalkan dirilis 8 kali dalam setahun.

Dalam tahun ini RBNZ telah memangkas OCR dua kali, yaitu pada meeting 10 Maret lalu sebesar 0.25% ke +2.25% akibat ketidak pastian pertumbuhan ekonomi global khususnya China, ekspektasi inflasi Selandia Baru yang cenderung turun dan masih lemahnya harga komoditi terutama susu. Kemudian pada meeting 11 Agustus lalu kembali dipotong sebesar 0.25% ke +2.00% karena tingkat inflasi dan harga produk susu yang masih rendah.

Statement pada meeting 11 Agustus lalu mengisyaratkan pelonggaran kebijakan moneter lebih lanjut, dan dengan tingkat inflasi yang masih rendah serta apresiasi mata uang NZD akhir-akhir ini maka untuk bulan Nopember ini diperkirakan RBNZ akan kembali menurunkan OCR sebesar 0.25% ke 1.75%. Jika RBNZ kembali menurunkan OCR maka NZD akan cenderung melemah. Statement kebijakan moneter (monetary policy statement) bulan Nopember 2016 bisa dibaca disini.

Jam 04:00 WIB: konperensi pers RBNZ yang dihadiri gubernur Graeme Wheeler (Berdampak tinggi pada NZD)

Jam 12:00 WIB: data Machine Tool Orders Jepang bulan Oktober 2016 (Preliminary) (Berdampak medium pada JPY)
Data yang dirilis oleh Japan Machine Tool Builders Association (JMTBA) ini mengukur persentasi perubahan total
order dari perusahaan pembuat machine tool di seluruh Jepang dalam kurun waktu sebulan.

Machine Tool Order adalah indikator awal bagi output produksi sektor manufaktur karena dengan membeli machine tool maka aktivitas manufaktur diperkirakan akan meningkat, juga merupakan sinyal positif bagi pertambahan tenaga kerja di Jepang. Data ini dirilis dalam 2 versi yaitu preliminary (data awal) and final. Biasanya data preliminary lebih berdampak.

Bulan September lalu Machine Tool Order berkurang 2.2% (atau -2.2%), lebih baik dari perkiraan yang akan berkurang 4.4%, dan merupakan persentase pengurangan tertinggi dalam 4 bulan terakhir. Untuk bulan Oktober 2016 analis tidak memberikan perkiraan. Jika hasil rilis lebih tinggi dari bulan sebelumnya (-2.2%) maka akan cenderung mendukung penguatan JPY.

Jam 20:30 WIB: data Jobless Claims AS per 4 Nopember 2016 (Berdampak tinggi pada USD)
Jobless Claims mengukur jumlah klaim tunjangan pengangguran selama minggu lalu, dan merupakan data fundamental paling awal yang berhubungan dengan jumlah tenaga kerja. Data Jobless Claims juga indikator awal bagi pengeluaran konsumen yang akan mempengaruhi tingkat inflasi.

Ada 2 data yaitu Initial Jobless Claims dan Continuing Jobless Claims. Initial Jobless Claims mengukur jumlah mereka yang baru pertama kali menerima tunjangan pengangguran dan lebih berdampak. Indikator Jobless Claims biasanya mengacu pada data initial.

Minggu lalu Jobless Claims AS naik 7,000 ke angka 265,000 klaim, lebih tinggi dari perkiraan yang 257,000 klaim dan yang tertinggi sejak 5 Agustus lalu, sementara klaim rata-rata 4 mingguan naik 4,750 ke angka 257,750 dibandingkan data rata-rata minggu lalu yang 253,000.

Jobless Claims AS masih berada dibawah angka 300,000 selama 87 minggu berturut-turut, menunjukkan kondisi pasar tenaga kerja AS yang stabil. Untuk minggu ini diperkirakan klaim tunjangan pengangguran akan kembali berada pada angka 267,000 klaim. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 20:30 WIB: indeks harga perumahan di Canada bulan September 2016 (Berdampak medium pada CAD)
Indikator ini mengukur persentasi perubahan harga jual rumah baru di Canada dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Data ini sering digunakan sebagai indikator awal untuk trend penjualan perumahan dan pengeluaran konsumen. Jika perekonomian sedang mengalami kontraksi atau resesi, indikator ini adalah salah satu yang mengisyaratkan keadaan tersebut.

Bulan Agustus lalu harga perumahan baru di Canada naik 0.2% dan mencapai rekor tertinggi pada angka 116.5 Index Points, namun lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 0.3% dan juga lebih rendah dari bulan Juli yang naik 0.4%. Kenaikan tersebut disebabkan oleh meningkatnya harga rumah baru di daerah Toronto, Oshawa, Kitchener, Cambridge dan Waterloo. Untuk bulan September 2016 diperkirakan indeks harga perumahan baru di Canada akan kembali naik 0.2%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan CAD.

Jam 21:15 WIB: pidato anggota FOMC James Bullard (Berdampak medium pada USD)
Presiden Federal Reserve Bank of St.Louis yang juga anggota FOMC James Bullard dijadwalkan berbicara mengenai outlook perekonomian pada konperensi Commerce Bank di St. Louis.