Berita Forex Hari Ini Jam 10:30 WIB: hasil meeting RBA: pengumuman suku bunga bulan Nopember 2016 (Berdampak tinggi pada AUD)
Suku bunga RBA diumumkan setiap bulan pada hari Selasa pertama kecuali bulan Januari. Keputusan untuk menentukan suku bunga dilakukan dengan konsensus antara para anggota dewan gubernur RBA. Bulan Mei 2016 RBA memotong suku bunganya sebesar 0.25% ke +1.75%, kemudian pada Agustus lalu dilakukan pemotongan lagi sebesar 0.25% ke +1.50%. Tingkat suku bunga acuan ini adalah rekor terendah RBA.

Dalam statement yang dirilis pasca meeting 4 Oktober lalu disebutkan bahwa tingkat suku bunga rendah mendukung permintaan domestik. Investasi di sektor pertambangan turun tajam sementara di sektor lain meningkat termasuk sektor konstruksi perumahan dan ekspor. Tenaga kerja paruh waktu meningkat tajam sementara pekerja full time mengalami kontraksi. Diharapkan pertambahan tenaga kerja secara keseluruhan akan meningkat diwaktu mendatang. Bank sentral akan memperhatikan inflasi yang tetap rendah dan apresiasi mata uang AUD akhir-akhir ini.

Dengan mengacu pada statement bulan Oktober tersebut maka untuk bulan Nopember 2016 ini suku bunga RBA diperkirakan akan dipertahankan sebesar +1.50%. Jika RBA kembali memotong suku bunga acuan maka AUD akan cenderung melemah. Statement untuk meeting hari ini bisa dibaca disini.

Jam 12:00 WIB: BoJ Outlook Report (Berdampak tinggi pada JPY)
Outlook Report ini dirilis 2 kali dalam setahun, biasanya pada bulan April dan Oktober. Laporan ini berisi pandangan bank sentral terhadap kondisi perekonomian Jepang saat ini dan perkiraan tingkat inflasi, pengangguran dan pertumbuhan untuk 6 bulan kedepan. Outlook report (outlook for economic activity and prices) bisa dibaca disini.

Jam 13:30 WIB: konperensi pers BoJ yang dihadiri gubernur Haruhiko Kuroda (Berdampak tinggi pada JPY)
Kuroda diperkirakan akan menjelaskan kebijakan moneter yang baru jika terjadi perubahan, termasuk jika bank sentral mengundurkan waktu target inflasi yang 2.0%, penurunan suku bunga, penambahan stimulus atau kebijakan lainnya.

Jam 16:30 WIB: indeks Manufacturing PMI Inggris bulan Oktober 2016 (Berdampak tinggi pada GBP)
Angka indeks ini dibuat dan dirilis oleh Markit setiap bulan. Indeks PMI (Purchasing Managers’ Index) untuk sektor manufaktur ini didasarkan pada 5 indikator utama yaitu: produksi, ketersediaan produk (inventory), aktivitas pengiriman (delivery), jumlah pesanan (orders) dan jumlah tenaga kerja.

Di Inggris indeks ini dibuat berdasarkan hasil survey terhadap 600 purchasing manager mengenai kondisi ekonomi dan bisnis saat ini hingga didapatkan gambaran prospek perekonomian kedepan. Oleh karena itu indikator ini penting bagi investor dan para pelaku bisnis dan sering dianggap sebagai leading indicator. Angka rilis diatas 50.0 menunjukkan aktivitas sektor manufaktur sedang tinggi, dan rilis dibawah angka 50.0 menunjukkan terjadinya kontraksi.

Bulan September lalu indeks Manufacturing PMI kembali berada diatas angka 50.0 yaitu 55.4, tertinggi pasca Brexit dan lebih tinggi dari perkiraan 52.1. Angka indeks manufaktur bulan September tersebut adalah yang tertinggi sejak bulan Juni 2014 akibat meningkatnya output produksi, new orders dan pertambahan tenaga kerja. Untuk bulan Oktober 2016 diperkirakan indeks akan terkoreksi ke angka 54.6. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan GBP menguat.

Jam 19:30 WIB: data GDP Canada bulan Agustus 2016 (Berdampak tinggi pada CAD)
GDP menunjukkan nilai total barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara dalam periode waktu tertentu dan dianggap sebagai ukuran pertumbuhan ekonomi suatu negara. Tidak seperti negara-negara mata uang utama lainnya yang hanya merilis data GDP tiap kwartal, Canada juga merilis GDP tiap bulan dan relatif agak terlambat. Meski demikian dampak terhadap pergerakan mata uangnya cukup tinggi, terutama data GDP month over month (m/m) yaitu yang dibandingkan dengan data bulan sebelumnya.

Kwartal ke 2 tahun ini GDP Canada turun 0.4% (atau -0.4%), lebih baik dari perkiraan yang akan turun 0.9% tetapi merupakan persentase penurunan tertinggi sejak tahun 2009 akibat merosotnya output produksi minyak, sementara untuk basis per bulan (m/m) GDP bulan Juli 2016 tumbuh 0.5%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan tumbuh 0.3% tetapi lebih rendah dari kwartal pertama yang tumbuh 0.6%.

GDP kwartal ke 3 tahun 2016 akan dirilis tanggal 30 Nopember mendatang, sementara untuk GDP bulan Agustus 2016 yang akan dirilis hari ini diperkirakan akan tumbuh 0.2% (atau +0.2%). Jika hasil rilis lebih tinggi dari perkiraan maka CAD akan cenderung menguat.

Jam 21:00 WIB: indeks ISM Manufacturing PMI AS bulan Oktober 2016 (Berdampak tinggi pada USD)
Indeks ini sama dengan yang dirilis oleh Markit untuk Manufacturing PMI, hanya saja datanya bersumber dan dirilis oleh Institute for Supply Management (ISM) yang khusus dibuat untuk AS. Di AS indikator ini biasanya lebih berdampak dari yang dirilis Markit.

Dibuat berdasarkan survey terhadap 400 purchasing manager di AS mengenai kondisi bisnis saat ini termasuk output produksi, ketersediaan produk, aktivitas pengiriman, jumlah pesanan dan jumlah tenaga kerja. Angka rilis diatas 50.0 menunjukkan ekspansi di sektor manufaktur dan dibawah angka 50.0 menunjukkan kontraksi. Dalam prakteknya indeks ini dianggap cukup akurat untuk memprediksi output sektor manufaktur di AS.

Bulan September lalu indeks ISM Manufacturing AS berada pada angka 51.5, lebih tinggi dari perkiraan 50.4 dan juga lebih tinggi dari bulan Agustus yang 49.4 (terendah dalam 7 bulan). Pada bulan September indeks New Orders naik dari 49.1% pada bulan Agustus ke 55.1% dan indeks produksi naik dari 49.6% ke 52.8%, indeks tenaga kerja naik dari 48.3% ke 49.7%. Untuk bulan Oktober 2016 diperkirakan indeks ISM Manufacturing PMI akan kembali naik ke angka 51.8. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Waktu tentative: indeks harga Global Dairy Trade (GDT) (Berdampak tinggi pada NZD)
Data yang dirilis oleh Global Dairy Trade ini menunjukkan persentase perubahan harga rata-rata produk olahan susu dari hasil lelang terakhir. Indeks harga ini dirilis 2 kali dalam sebulan dan biasanya berdampak tinggi pada NZD mengingat Selandia Baru adalah salah satu negara penghasil susu dan produk susu olahan utama dunia. Susu adalah produk andalan ekspor Selandia Baru disamping daging, buah-buahan, wool dan kayu.

Untuk rilis hari ini pasar tidak memberikan perkiraan, tetapi jika hasil rilis lebih baik dari sebelumnya yang naik 1.4% (lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang turun 3.0%), maka NZD akan cenderung menguat. Hasil rilis indeks GDT bisa dilihat disini.

Jam 23:00 WIB: pidato gubernur BoC Stephen Poloz (Berdampak tinggi pada CAD)
Stephen Poloz dijadwalkan berbicara di Business Council of British Columbia di Vancouver. Isi pidato Poloz bisa dibaca disini.

Comments are closed.