Janet Yellen Perketetat Peraturan Bank Asing

62
557

Janet Yellen Perketetat Peraturan Bank Asing

Banks31

Berita Forex Proinsta – Janet Yellen, gubernur The Fed yang baru sudah melakukan beberapa terobosan. The Fed akan memberlakukan peraturan lebih ketat bagi bank-bank asing yang berada di Amerika untuk menghindari berbagai jenis ancaman ketidakstabilan, seperti yang pernah mengakibatkan krisis keuangan pada tahun 2008 lalu.

Janet Yellen mewajibkan bank-bank asing terbesar di Amerika untuk menyimpan lebih banyak cadangan modal sedikitnya 50 miliar dolar agar terhindar dari imbas kerugian kredit macet. Peraturan ini sebernanya sudah tak asing lagi bagi bank-bank besar Amerika yang sudah memberlakukan aturan ini sebelumnya. Peraturan ini juga bertujuan untuk  itu  mengatasi sumber-sumber kerentanan yang terpapar oleh krisis finansial beberapa tahun silam.

Tugas Bank Sentral Amerika dalam memperketat peraturannya atas bank-bank besar, yang bisa mengancam seluruh sistem keuangan memang tertuang dalam UU Dodd-Frank yang disahkan Kongres tahun 2010 tentang usaha dalam menanggapi krisis finansial.

Kebijakan ini sebelumnya memang mendapatkan pertentanganan dari bank-bank asing tersebut.Mereka beranggapan bahwa peraturan yang lebih ketat tersebut akan menaikkan biaya berbisnis di Amerika dan mengurangi jumlah kredit yang bisa mereka salurkan.

Comments are closed.