Aset safe haven seperti emas dan mata uang yen berpeluang masih akan menjadi pilihan menarik untuk para pelaku pasar di awal perdagangan hari ini di tengah masih masih adanya sentimen ketidakpastian hubungan dagang AS-Tiongkok pasca Beijing menuntut Washington untuk hilangkan tarif baru sebelum mereka tandat tangani kesepakatan dagang.

Sementara itu sentimen lain yang berpotensi akan menjadi fokus pasar adalam perkembangan negosiasi Brexit. Karena meskipun Uni Eropa dan Inggris telah mencapai kesepakatan sementara, pasar tampaknya akan bersikap berhati-hati menjelang sidang parlemen dimana PM Johnson butuhkan dukungan parlemen untuk mensahkan kesepakatan tersebut. Hanya yang menjadi batu sandungan adalah partai Democratic Union Irlandia Utara yang sejauh ini masih menolak kesepakatan sementara tersebut.

Data penting hari ini adalah GDP dan produksi Tiongkok pada pukul 9:00 WIB, current account zona Euro pukul 15:00 WIB, pidato anggota FOMC Esther George pukul 21:00 WIB, FOMC Richard Clarida pukul 22:30 WIB dan pidato Gubernur BOE Mark Carney pukul 0:45 WIB/Sabtu.

Potensi Pergerakan

EMAS

Harga emas berpeluang bergerak naik dalam jangka pendek di tengah masih adanya ketidakpastian hubungan dagang AS-Tiongkok dan Brexit untuk menguji level resisten di $1498 – $1503. Namun, Sementara itu jika bergerak turun, level support terlihat di $1488 – $1483.

MINYAK

Harga minyak berpeluang untuk bergerak turun dalam jangka pendek pada sentimen tingginya cadangan minyak mentah AS serta meredanya ketegangan geopolitik di Timur Tengan pasca Turki sepakat untuk gencatan senjata sementara. Harga minyak berpeluang untuk bergerak naik, menguji resisten di $54.40 – $54.90 jika Baker Hughes dalam laporan yang dirilis pukul 00:00 WIB/Sabtu menunjukkan aktivitas rig AS menunjukkan penurunan.

EURUSD

EURUSD berpeluang untuk bergerak naik dalam jangka pendek pada sentimen melemahnya dollar AS serta euforia tercapainya kesepakatan Brexit antara Uni Eropa dan Inggris untuk menguji level resisten di 1.1160 – 1.1200. EURUSD berpeluang untuk bergerak turun untuk menguji level support di 1.1080 – 1.1040 jika data current account zona Euro yang dirilis pukul 15:00 WIB hasilnya lebih buruk dari estimasi.

GBPUSD

GBPUSD berpotensi untuk bergerak turun dalam jangka pendek untuk menguji level support di 1.2830 – 1.2780 pada outlook profit taking pasca lonjakan semalam dan kegugupan pasar menjelang sidang Parlemen Inggris dimana partai DUP sejauh ini menetang kesepakatan sementara antara Uni Eropa dengan Inggris. Namun, GBPUSD berpeluang naik, menguji resisten di 1.2900 – 1.2950 jika pasar dapatkan perkembangan positif terkait Brexit.

USDJPY

USDJPY berpeluang untuk turun dalam jangka pendek untuk menguji support di 108.20 – 107.70 di tengah outlook melemahnya dollar AS dan permintaan terhadap aset safe haven karena ketidakpastian hubungan dagang AS-Tiongkok dan Brexit. Jika bergerak naik, level resisten berada di 109.00 – 109.50.

AUDUSD

AUDUD berpeluang untuk bergerak naik dalam jangka pendek untuk menguji level resisten di 0.6860 – 0.6900 jika sejumlah data ekonomi Tiongkok dirilis lebih baik dari estimasi. Namun, AUDUSD berpotensi berbalik turun untuk menguji support di 0.6780 – 0.6730 jika pasar kembali cemaskan outlook ketidakpastian hubungan dagang AS-Tiongkok.