Berita forex hari ini, Selasa 13 Oktober 2020

1. Masih  tentative, Badan Administrasi Kepabeanan Tiongkok (CGAC) akan melaporkan selisih nilai perdaganan ekspor dan impor untuk bulan September, bila data ini menunjukkan defisit, maka mata uang Australia sebagai partner dagang Tiongkok berpeluang melemah.

2. Pukul 13:00 WIB Badan Statistik Jerman akan melaporkan data indeks harga konsumen Jerman final untuk periode September, penurunan indeks menunjukan menurunnya daya beli masyarakat Eropa di tengah pandemi korona dan ini berpeluang menekan EURUSD.

3. Di waktu yang sama Badan Pusat Statistik Nasional Inggris akan melaporkan 3 data tenaga kerja Inggris yang penting seperti : data perubahan rata – rata pendapatan pekerja (Agustus) , data klaim tunjangan pengangguran untuk periode September dan data tingkat pengangguran bulan Agustus. Tingginya angka kasus covid19 di Inggris kemungkinan berdampak negatif terhadap data tenaga kerja tersebut, dan ini bisa mendorong pelemahan GBPUSD.

4. Pukul 16:00 WIB lembaga survei ZEW akan melaporkan data tingkat optimism investor dan analis terhadap ekonomi Jerman dan  kawasan euro untuk periode Oktober, Optimisme yang menurun bisa memperlemah EURUSD.

5. Malam hari pukul 19:30 WIB Badan statistik tenaga kerja Amerika Serikat akan memberikan laporan data indeks harga konsumen untuk bulan September, Indeks yang turun mengindikasikan menurunnya aktivitas konsumsi di AS yang akan berdampak terhadap pelemahan dolar AS dan menopang kenaikan harga emas.