Setelah The Fed, giliran kebijakan moneter dari Bank of England (BoE) yang akan menjadi fokus pasar hari ini. Menjelang Brexit yang rencananya tidak akan ditunda dalam waktu yang lama, kebijakan moneter BoE akan memberikan outlook perekonomian Inggris pasca Brexit nanti.

Brexit akan terjadi pada 30 Juni nanti. Hal ini sudah disetujui oleh Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker kemarin. Setelah ini tidak ada lagi perpanjangan waktu Brexit.

Selain pengumuman kebijakan moneter BoE, riilis data penjualan ritel Inggris pukul 16.30 WIB juga dapat menjadi katalis penggerak GBPUSD yang kemarin cenderung melemah di tengah sentimen pelemahan dollar pasca pengumuman The Fed.

Potensi Pergerakan

Emas
Setelah penguatan tajam kemarin, aksi profit taking kemungkinan terjadi pada harga emas dengan support terdekat di 1312. Namun, jika sentimen safe haven masih mendominasi karena The Fed pangkas outlook perekonomian berpeluang lanjut menguat mengincar level 1320 jika mampu konsisten bergerak di atas 1317.

Minyak Mentah
Setelah EIA melaporkan persediaan minyak AS yang signifikan semalam, peluang penguatan harga minyak tampaknya akan tertahan resisten di 60.40 hari ini. Perlu konsisten bergerak di atas level tersebut untuk potensi naik mengincar resisten 61.30. Sebaliknya, jika aksi profit taking terjadi, support terdekat 59.15.

EURUSD
Minim rilis data penting dari Zona Euro, masih berpotensi memanfaatkan sentimen pelemahan dollar. Selama harga masih bergerak di atas 1.1400, peluang naik selanjutnya mengincar 1.1465.

GBPUSD
GBPUSD berpotensi bergerak dalam volatilitas tinggi pada hari ini menjelang pengumuman kebijakan BoE pukul 19.00 WIB. Jika memanfaatkan sentimen pelemahan dollar, peluang naik mengincar 1.3290. Sebaliknya, support di level 1.3145.

USDJPY
Setelah turun tajam pada perdagangan sebelumnya, aksi short covering berpotensi terjadi pada USDJPY dengan resisten terdekat di 110.90. Namun jika sentimen safe haven karena pemangkasan outlook perekonomian AS yang dipangkas, permintaan yen juga berpotensi meningkat. Potensi turun USDJPY ke 110.35.

AUDUSD
AUDUSD sudah bergerak menguat setelah tingkat pengangguran Australia kembali mencapai rekor terendah di angka 4,9%. Meski penambahan tenaga kerja jauh lebih rendah dari ekspektasi. Peluang penguatan lebih lanjut perlu konsisten bergerak di atas 0.7175 sebelum mengincar 0.7190. Sebaliknya poteksi aksi profit taking setelah penguatan tajam selama dua hari beruntun dengan support di 0.7135.