Dini hari nanti, The Fed tidak hanya akan memberikan pengumuman kebijakan moneternya, namun mengkonfirmasi akan ekspektasi pasar terhadap perekonomian AS yang dinilai stagnan bahkan kekhawatiran terjadi perlambatan ekonomi. Terkait kebijakan moneter, The Fed masih diperkirakan untuk tetap dovish atau mempertahankan tingkat suku bunga di angka 2,50%. Jika benar, maka dollar berpotensi melemah dan dapat menopang mata uang utama lainnya serta harga emas.

Sebelum itu, rilis data inflasi Inggris pukul 16.30 WIB hari ini juga berpotensi menjadi katalis penggerak GBPUSD di tengah penantian pasar terhadap kejelasan Brexit. Hingga saat ini, Perdana Menteri Inggris Theresa May masih merancang kesepakatan agar Parlemen menyetujui. No-deal Brexit dipastikan tidak akan terjadi.

Potensi Pergerakan

Emas
Jika benar sikap The Fed adalah dovish, peluang penguatan harga emas masih akan menguji level 1310 sebelum lanjutkan penguatan selanjutnya 1314. Support terdekat di level psikologis 1300, tembus level tersebut support selanjutnya di 1296.

Minyak Mentah
Hari ini Energy Information Administration (EIA) akan merilis data persediaan minyak di AS. Jika data menunjukan adanya pengurangan yang signifikan, peluang harga minyak naik perlu konsisten bergerak di atas 59.60 sebelum mengincar 60.40. Support terdekat di 58.30.

EURUSD
Minim rilis data atau katalis dari Zona Euro, sentimen pergerakan pada dollar dari pengumuman The Fed akan menjadi penggerak juga bagi EURUSD. Resisten terdekat di 1.1370, tembus level tersebut peluang lanjut naik ke level 1.1395. Support di level 1.1295.

GBPUSD
Inflasi Inggris diperkirakan stagnan di angka 1,8%. Jika data dirilis lebih rendah dari ekspektasi, potensi GBPUSD turun ke area support 1.3200. Sebaliknya, jika sentimen pelemahan dollar mendominasi pergerakan pasar, peluang penguatan GBPUSD menguji resisten terdekat di 1.3330.

USDJPY
Di awal perdagangan hari ini USDJPY sudah naik hingga 41 pip merespon notulensi rapat kebijakan moneter BoJ pagi tadi. Target inflasi Jepang yang masih sulit dicapai menjadi sentimen negatif untuk yen. Target resisten selanjutnya di 111.85 jika mampu menembus 111.65. Jika gagal, potensi arah berbalik turun dengan support terdekat di 111.35.

AUDUSD
AUDUSD turun hingga 40 pip di awal perdagangan hari ini setelah ada kabar bahwa pemerintah Trump mulai skeptis bahwa China bisa saja mengingkari kesepakatan dagang. Hal tersebut memudarkan optimisme pasar terhadap outlook kesepakatan dagang AS-China. Support selanjutnya di level 0.7045. Sebaliknya, respon terhadap pengumuman The Fed bisa menjadi sentimen penggerak selanjutnya. Jika mampu menembus konsisten di atas 0.7070, peluang naik selanjutnya mengincar 0.7085.