27 Maret Singapura Mulai Pakai Kurs Rupiah JISDOR

149
1241

27 Maret Singapura Mulai Pakai Kurs Rupiah JISDOR

954

Mulai 27 Maret mendatang, patokan kurs dolar AS terhadap rupiah di pasar Singapura akan mulai dihentikan. Selanjutkan, pelaku pasar direkomendasikan menggunakan rujukan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR).

Keterangan tertulis Bank Indonesia mengenai keputusan pemakaian JISDOR disampaikan ABS Benchmarks Administration Co Pte. Ltd. (ABS Co) dan The Singapore Foreign Exchange Markets Committee (SFEMC) pada 18 Februari 2014.

Bank Indonesia berharap transaksi di pasar keuangan internasional yang terkait dengan USD/IDR dapat sejalan dengan perkembangan harga USD/IDR di pasar valas dometik seiring dengan mulainya penggunaan kurs JISDOR oleh pelaku pasar di Singapura.

Sebagai informasi, JISDOR merupakan harga spot USD/IDR, yang disusun berdasarkan kurs transaksi valuta asing terhadap rupiah antar bank di pasar valas domestik. JISDOR dimaksudkan untuk memberikan referensi harga pasar yang representatif untuk transaksi spot USD/IDR pasar domestik. JISDOR mulai diterbitkan sejak 20 Mei 2013. Selain itu, penggunaan JISDOR sebagai referensi juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pelaku pasar keuangan Internasional guna mendorong proses pendalaman pasar keuangan domestik.

Comments are closed.